Jumat, 12 Februari 2016

Kegiatan Rutin Yasinan Setiap Malam Jumat

Jum'at,12 Februari 2016


BANJAREJO,PURING-Kegiatan yasinan merupakan kegiatan amaliah warga NU.kegiatan  Yasinan dapat meningkatkan, menghayati dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, serta selalu mensyukuri setiap pemberian Tuhan dan mendoakan keselematan pribadi didalam menjalankan tugas harus lebih berdisiplin dalam menjalani hidup beribadah, karena disadari bahwa dilaksanakannya Yasinan adalah untuk memperkokoh iman.

 Kegiatan Yasinan ini dilakukan pada malam jum'at dengan dikuti oleh beberapa orang dalam suatu jamaah.Kegiatan yasinan di desa banjarejo menggunakan GILIRAN.Biasanya dalam pelaksanaanya disertai prasmanan kecil-kecilan setelah usai pembacaaan surat yasin tersebut.

Kami yang turut serta dalam pembacaan Yassin tersebut merasa semakin akrab dengan warga, selanjutnya kami juga mendapatkan asupan qolbu yang memberi kami ketentraman. Pelajaran lainnya yang kami dapatkan adalah bahwa doa itu bukan hanya ditujukan untuk diri kita sendiri, melainkan doa yang baik adalah doa yang ditujukan untuk orang lain, karena hal tersebut selain berguna bagi orang lain juga akan bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Hikmah dari kegiatan yasinan tersebut diantaranya mempererat tali persaudaraan selaku sesama umat muslim, meningkatkan amalan-amalan NU,melestarikan serta mengembangkan amaliah kaum Nahdlyin,serta meningkatkan iman dan takwa pada Alloh SWT.Dari sisi lain juga sebagai wadah menambah ilmu dan pengetahuan anggota yasinan tersebut.

Semoga dengan kegiatan rutin tersebut dapat menjadi amal ibadah yg berguna bagi diri sendiri maupun untuk orang yg didoakan.Selain itu kita juga harus menjaga agar amaliah tersebut tidak hilang dalam budaya masyarakat Nahdliyin."ujar,Penulis"

0 komentar:

Posting Komentar